MAKANAN KHAS IDUL ADHA YANG POPULAR DAN ENAK !

Informasi - 09/08/2019

MAKANAN KHAS IDUL ADHA YANG POPULAR DAN ENAK !

Halo sahabat bisnis kuliner !

 

Menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, pada kesempatan kali ini Horekamall akan memberikan informasi mengenai makanan khas Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban yang Popular dan Enak.

 

Penasaran kan! makanan khas apa saja yang menarik selera makan? Yuk simak informasinya!

 

1. Sate  

           Siapa sih yang gak tahu sate? Makanan ini sering banget kita jumpai di sepanjang jalan. Sate bisa terbuat dari daging ayam, kambing, dan sapi. Daging tersebut disate (ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar) dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya disajikan bersama lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica.

 

2. Sup Kambing

           Makanan ini tak kalah menggodanya untuk dimasak saat Idul Adha.  Biasanya sup ini disajikan dengan kaldu yang gurih dan diperkaya dengan bumbu rempah. Bumbunya mirip dengan hidangan favorit Indonesia lainnya, yaitu sup buntut. Pada umumnya sup kambing menggunakan daging kambing, termasuk daging bagian iganya, akan tetapi, di Indonesia ada hidangan sup kambing yang lebih khusus lagi, yaitu sup kepala kambing, yang menggunakan bagian kepala kambing, termasuk bagian daging kepala dan pipi, lidah, telinga, bibir, mata, dan kadang-kadang termasuk otak kambing.

 

3. Gule atau Gulai

           Gule merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Masakan berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Ciri khas Gule atau gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

 

4. Tengkleng

           Masakan sejenis sup dengan bahan utama kepala kaki & tulang. Sejarah tengkleng konon menurut para tetua di kota Solo hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati masakan daging kambing. Hanya kepala, kaki, dan tulang saja yang tersisa untuk pekerja dan tukang masak. Para juru masak pada waktu itu tak kurang akal, maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging. Masakan ini berasal dari Solo. Bentuk fisik dari dari tengkleng hampir mirip dengan gulai kambing, tetapi kuahnya lebih encer ada juga tengkleng dengan sedikit kuah.

 

5. RENDANG

          Tak hanya saat Idul Adha saja, daging rendang memang favorit dan terkenal kelezatannya.  Makanan ini berasal dari Minangkabau. Makanan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

 

Jadi lapar, ya? Sabar, Idul Adha tinggal beberapa hari lagi kok!

 

Selamat menunaikan ibadah Idul Adha untuk kalian yang menjalankannya.

 

Kira-kira informasi apalagi ya yang akan Horekamall berikan?


Yuk pantau terus artikel lainnya!

 

Hanya ada di Horekamall!

 

Ingat bisnis kuliner? Ingat Horekamall!

 

Berikan Komentar